Pilot Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Bandara Los Angeles

Arpan Rahman    •    Sabtu, 15 Jul 2017 21:34 WIB
kecelakaan pesawat
Pilot Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Bandara Los Angeles
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Los Angeles: Pilot dan satu-satunya penumpang di atas sebuah pesawat buatan tewas tak lama setelah lepas landas di Bandara San Gabriel Valley di Los Angeles, pada Jumat 14 Juli 2017.
 
Pesawat bermesin tunggal Pazmany PL-2 jatuh saat masih berada di properti bandara sesaat sesudah lepas landas dari landasan pacu 19. Pilot tersebut, Jeffrey Ying, 63, dinyatakan tewas di tempat kejadian, kata seorang juru bicara Pemadam Kebakaran Los Angeles County.
 
Beberapa saksi mengatakan kepada penyidik, suara mesin pesawat berhenti antara 30 dan 60 meter dari tanah.
 
"Pesawat itu kelihatan berbelok ke kiri, sayap kirinya rendah, dan pesawat kemudian turun tak terkendali, menabrak tanah dan terhenti di tempat Anda melihatnya sekarang," kata Patrick Jones dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB), seperti dikutip UPI, Jumat 14 Juli 2017.
 
Para agen NTSB sudah berada di tempat kejadian demi menyelidiki kecelakaan. Pesawat itu jatuh dengan moncongnya duluan ke tanah.
 
Jones berkata bahwa kecelakaan itu kemungkinan akibat kegagalan mekanis. Walaupun pilot berupaya untuk berbalik dan kembali ke landasan pacu, yang menjadi titik keberangkatan penting dari pelatihan pilot standar untuk situasi seperti itu.
 
Pesawat tersebut didaftarkan ke perusahaan swasta dan memiliki sertifikat penerbangan yang valid, dikeluarkan pada Juli 2014. Kendati secara teknis dianggap sebagai pesawat eksperimental karena tidak dibuat oleh produsen pesawat berlisensi seperti Cessna atau Beachcraft.



(FJR)