Ledakan Landa New York, 25 Orang Terluka

Willy Haryono    •    Minggu, 18 Sep 2016 10:49 WIB
ledakan new york
Ledakan Landa New York, 25 Orang Terluka
Petugas pemadam kebakaran di lokasi ledakan di Chelsea, Manhattan, New York, 17 September 2016. (Foto: The New York Times)

Metrotvnews.com, Manhattan: Sedikitnya 25 orang terluka dalam ledakan di sebuah permukiman di New York, Amerika Serikat (AS), Sabtu (17/9/2016) malam waktu setempat. 

Ledakan di permukiman Chelsea di Manhattan itu memecahkan sejumlah kaca dan memaksa petugas menutup sejumlah ruas jalan. 

Menurut laporan Departemen Pemadam Kebakaran New York di akun Twitter, luka dari 25 korban diyakini tidak fatal. Ledakan dilaporkan terjadi pukul 20.30 di 133 West 23rd Street dekat Avenue of the Americas. 

Seperti dilaporkan The New York Times, Otoritas Manhattan masih belum dapat memastikan penyebab ledakan dan masih menelusuri segala kemungkinan. 

Wali Kota New York Bill de Blasio mengatakan ledakan ini kemungkinan adalah "aksi yang disengaja," walau tidak ada bukti yang mengarah ke terorisme. Ledakan memecahkan kaca jenderal di bangunan lima lantai yang serpihannya berjatuhan ke jalan. 

Sebagai langkah antisipasi, polisi dan petugas pemadam menyisir sejumlah tong sampah di lokasi untuk mencari kemungkinan adanya bahan peledak. Pada pukul 11.00 malam, polisi New York mengklaim menemukan "benda yang diduga sebagai bahan peledak kedua" di dekat lokasi ledakan. 

Sementara itu di Washington, Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Barack Obama sudah mendapat laporan mengenai perkembangan terbaru di New York. 

"Presiden telah mengetahui adanya ledakan di Kota New York, yang penyebabnya masih diinvestigasi," lapor Gedung Putih.

Peristiwa di New York terjadi sebelas jam setelah sebuah bahan peledak tipe IED meledak di sebuah tong sampah di dekat rute lomba lari dalam acara amal di kota kecil di Jersey Shore.


(WIL)