Debat Cawapres AS 2016

Kaine Kritik Rencana Trump Soal Senjata Api

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Oct 2016 09:24 WIB
pemilu as
Kaine Kritik Rencana Trump Soal Senjata Api
Tim Kaine (kiri) dalam debat cawapres AS bersama Mike Pence di Longwood University, Virginia, AS, 4 Oktober 2016. (Foto: AFP/WIN MCNAMEE)

Metrotvnews.com, Virginia: Unjuk rasa bernuansa rasisme kerap terjadi di Amerika Serikat (AS) belakangan ini. Pemicunya adalah maraknya penembakan yang dilakukan polisi terhadap warga kulit hitam. 

Calon presiden Donald Trump pernah mengatakan bahwa kejadian seperti itu sudah terlalu banyak terjadi. Dalam kampanyenya, ia berencana meminta aparat penegak hukum untuk menghentikan dan menggeledah seseorang yang terlihat mencurigakan, terutama jika itu adalah warga kulit hitam. 

"Itu adalah sebuah kesalahan, karena itu akan melukai hubungan antara polisi dengan masyarakat," ujar Kaine, dalam debat cawapres AS di Longwood University di Virginia, AS, Selasa (4/10/2016). 

Menurut dia, kunci dari semua ini adalah menerapkan kebijakan yang mendorong terjalinnya hubungan harmonis antara polisi dan warga. 

"Model kebijakan seperti itu masih bekerja hingga saat ini," ungkap Kaine, yang pernah menjadi Wali Kota Richmond. 

Kaine menegaskan dirinya adalah seorang pemilik senjata api. Dia juga mengaku sebagai pendukung kuat Amandemen Kedua dalam konstitusi AS yang mengatur kepemilikan senjata api. 

Namun dia meminta agar pemeriksaan latar belakang pemilik senjata diperkuat agar penembakan massal yang sering terjadi di AS dapat berkurang. 

"Kita dapat mendukung Amandemen Kedua dan melakukan pemeriksaan latar belakang agar situasi tetap aman," sebut Kaine. 

Sementara itu rival Kaine, Mike Pence dari Partai Republik, mengkritik kubu Demokrat yang dinilainya selalu memanfaatkan adanya penembakan demi kepentingan sendiri. "Berhenti memanfaatkan momen seperti itu untuk menjelek-jelekkan aparat penegak hukum," tegas dia. 

Meski mengkritik, Pence mengakui bahwa membangun hubungan baik antar aparat penegak hukum dan masyarakat adalah ide bagus.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

4 hours Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA