Guru Spiritual Terkenal Brasil Dituding Melecehkan Pasiennya

Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 09 Dec 2018 09:30 WIB
brasil
Guru Spiritual Terkenal Brasil Dituding Melecehkan Pasiennya
Guru spiritual di Brasil dituduh lakukan pelecehan seksual. (Foto: AFP).

Brasilia: Beberapa wanita menuding seorang guru spiritual melakukan pelecehan kepada mereka. Para perempuan tersebut mengatakan guru spiritual itu berkedok menyembuhkan mereka dari depresi.

Joao Teixeira de Faria, 76 atau lebih dikenal dengan Joao de Deus telah membuat program jaringan televisi. Sang guru spiritual mengatakan dapat menyembuhkan pasiennya dari depresi atau masalah lain.

Seorang koreografer Belanda diketahui bernama Zahira Leeneke Maus, bersama sembilan wanita Brasil lainnya menuduh Faria membuat mereka masturbasi. Katanya, itu merupakan satu-satunya cara untuk mentransfer energi 'pembersihan'.

Maus juga mengatakan Faria telah memperkosanya. Hal senada diucapkan oleh dua wanita lainnya.

"Semua wanita ini mengatakan mereka berusia 30-an ketika tindakan itu dilakukan antara 2010 dan awal tahun di 'rumah sakit spiritual' Faria di Kota Abadiania, dekat dengan ibu kota Brasilia," demikian surat kabar O Globo melaporkan, Minggu 9 Desember 2018.

Dikutip dari AFP, Faria dikabarkan telah menggunakan kemampuannya untuk mengobati ribuan orang selama 44 tahun terakhir. Dia juga dikabarkan menolak keras setiap praktik yang tidak pantas selama perawatan.

Reputasi Faria sudah dikenal hingga ke Amerika Serikat, Eropa dan Australia. Bahkan, selebritis Oprah Winfrey pernah mengunjungi pria itu pada 2013 untuk melihat 'keajaibannya'.


(JMS)