Eks Presiden El Salvador Divonis 10 Tahun Penjara

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 13 Sep 2018 09:06 WIB
politik el salvador
Eks Presiden El Salvador Divonis 10 Tahun Penjara
Mantan Presiden El Salvador Antonio Saca. (Foto: AFP).

San Salvador: Mantan Presiden El Salvador Antonio Saca dijatuhi hukuman 10 tahun penjara pada Rabu, 12 September 2018. Dia dituding melakukan penggelapan dan pencucian uang publik.

Hukuman diberikan setelah dia mengaku bersalah atas tuduhan yang ditujukan padanya. Dana yang digelapkan lebih dari USD300 juta setara Rp4,4 miliar.

Saca mengakui bersalah atas dakwaannya pada awal tahun ini. Dia berharap bisa mengurangi hukumannya dengan melakukan hal tersebut.

"Kami puas dengan keyakinan, tanggung jawab pidana yang telah dikenakan pada para terdakwa, serta penilaian sipil," ucap Jaksa Jorge Cortez, dilansir dari laman ABC News, Kamis 13 September 2018.

Putusan Pengadilan El Salvador tersebut membuat Saca sebagai mantan presiden pertama negara Amerika Tengah yang dihukum karena korupsi. Dia bersama lima rekannya setuju mengaku bersalah atas perbuatan mereka.

Saca dan mantan sekretaris pribadinya, Elmer Charlaix, mendapat hukuman lima tahun atas tuduhan penggelapan dan lima lagi untuk pencucian uang. Mereka telah menghadapi hingga 30 tahun sebelum kesepakatan pembelaan.

Sementara yang lain menerima hukuman tiga sampai lima tahun.


(FJR)