AS Desak Tiongkok dan Rusia Bereaksi soal Korut

Sonya Michaella    •    Jumat, 15 Sep 2017 08:36 WIB
rudal korut
AS Desak Tiongkok dan Rusia Bereaksi soal Korut
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Amerika Serikat (AS) kini semakin mendesak Tiongkok dan Rusia untuk segera bereaksi dan juga melakukan sebuah tindakan atas ulah Korea Utara (Korut) yang terus-terusan meluncurkan rudal.

Korut baru saja meluncurkan uji coba rudal balistik ke arah utara Jepang. Dikatakan, rudal tersebut diperkirakan mencapai ketinggian sekitar 770 kilometer dan jarak mencapai 3.700 kilometer.

Rudal tersebut terbang di atas Pulau Hokkaido, Jepang, sebelum mendarat di Samudera Pasifik.

"Tiongkok memasok minyak dengan nilai cukup besar ke Korut, sementara Rusia adalah rumah bagi pekerja Korut terbesar," kata Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, dikutip dari AFP, Jumat 15 September 2017.

"Tiongkok dan Rusia harus menunjukkan intoleransi mereka terhadap peluncuran rudal ini. Mereka harus melakukan sesuatu," tegas dia.

Sebelum meluncurkan rudal, Korut sempat mengancam menenggelamkan Jepang dengan senjata rudalnya tersebut.

Akibat uji coba nuklir yang dilakukan oleh Korut sampai enam kali, DK PBB menjatuhkan sanksi baru. Namun Korut mengecam hal tersebut dan mengancam untuk melakukan aksi balas dendam.

Jika benar Korut telah meluncurkan rudal lagi, maka ini adalah uji coba rudal balistik mereka yang pertama sejak Dewan Keamanan PBB menjatuhkan sanksi baru.

Komando Pasifik Amerika Serikat bahkan mengatakan bahwa uji coba ini mengindikasikan peluncuran rudal balistik jarak menengah atau IRBM.





(FJR)