Dua Pesawat Tabrakan di Landasan, Penumpang Dievakuasi

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 06 Jan 2018 11:59 WIB
pesawat
Dua Pesawat Tabrakan di Landasan, Penumpang Dievakuasi
Pesawat milik maskapai Sunwing yang bertabrakan dengan pesawat maskapai WestJet di Toronto, Kanada. (Foto: AFP).

Toronto: Penumpang dari maskapai WestJet terpaksa dievakuasi secara darurat setelah pesawat yang membawa mereka bertabrakan dengan maskapai Sunwing.
 
Insiden pada Jumat 5 Januari 2018 ini terjadi di Bandara Internasional Pearson, Toronto, Kanada. Tidak ada korban dilaporkan usai kejadian tersebut.
 
Penumpang terpaksa dievakuasi melalui seluncur darurat, di tengah cuaca dingin yang menerpa. 
 
Pihak WestJet mengatakan, pesawat mereka baru tiba dari Cancun, Meksiko dengan membawa 168 penumpang dan enam awak kabin. Tabrakan terjadi ketika pesawat WestJet tengah menunggu giliran ke gerbang namun tiba-tiba saja pesawat Sunwing yang tengah ditarik menabraknya.
 
Rekaman video yang tersebar memperlihatkan api muncul dari salah satu pesawat, di tengah teriakan penumpang. Seorang juru kamera dari salah satu stasiun berita Toronto menyebarkan permintaan darurat dari WestJet ke menara pengawas.
 
Pilot pun kemudian memerintahkan evakuasi dan awak kabin juga bergegas membantu dan mengarahkan penumpang melalui seluncur darurat.

"Disebabkan posisi dari pesawat di landasan, penumpang WestJet diharuskan dievakuasi melalui seluncur darurat. Awak kabin pun melakukan respons dengan cepat," pernyataan pihak WestJet, seperti dikutip AFP, Sabtu 6 Januari 2018.

Tidak ada penumpang yang dibawa oleh maskapai Sunwing. Saat itu pesawat tengah ditarik oleh staf darat ketika tabrakan terjadi.

Pihak Keamanan Transportasi Kanada mengatakan mereka tengah melakukan penyelidikan insiden ini. 




(FJR)