Debat Cawapres AS 2016

Serba-serbi Debat Cawapres AS 2016

Arpan Rahman    •    Selasa, 04 Oct 2016 15:47 WIB
pemilu as
Serba-serbi Debat Cawapres AS 2016
Cawapres AS dari Partai Republik Mike Pence (kiri) dan Cawapres dari Partai Demokrat Tim Kaine. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Virginia: Mata dunia akan tertuju kepada Mike Pence dan Tim Kaine dalam debat calon wakil presiden Amerika Serikat (AS). 

Menurut Washington Post, performa kurang maksimal dari Donald Trump dalam debat perdana capres pekan lalu memberi tekanan kepada pasangannya, Gubernur Indiana Mike Pence. Pence dituntut untuk dapat membangkitkan kembali semangat kubu Partai Republik dalam menghadapi cawapres Partai Demokrat, Senator Tim Kaine.

Berikut serba-serbi debat cawapres AS seperti dilansir Politico, Senin (3/10/2016):

Kapan debat calon wakil presiden Amerika Serikat?

Debat cawapres AS akan berlangsung pada Selasa 4 Oktober atau Rabu 5 Oktober waktu Indonesia di Longwood University di Farmville, Virginia.

Jam berapa dan berapa lama debat berlangsung?

Debat akan dimulai pukul 21:00 Waktu Amerika Timur atau pukul 08.00 waktu Indonesia, dan dijadwalkan berlangsung selama 90 menit tanpa jeda iklan.

Siapa yang berdebat?

Tim Kaine, seorang senator dari Virginia yang menjadi cawapres Hillary Clinton, akan berdebat melawan Mike Pence, gubernur Indiana sekaligus cawapres untuk Donald Trump. Pence pernah menjabat lebih dari satu dekade di Kongres AS. Kaine, mantan ketua Komite Nasional Demokrat, pernah menjadi Gubernur Virginia dan Wali Kota Richmond.

Siapa moderator debat?

Elaine Quijano dari CBS News akan menjadi moderator tunggal. Dia koresponden untuk CBS News dan pembawa acara untuk CBSN, jaringan digital siaran langsung via internet untuk CBS. Dalam musim kampanye pilpres AS kali ini, Quijano meliput ajang debat dan konvensi nasional Republik dan Demokrat untuk CBS

Pada 2011, Quijano pernah menyebutkan dalam laporannya di program CBS Evening News bahwa Gedung Putih tidak mengirim ucapan belasungkawa kepada keluarga personel militer yang melakukan bunuh diri. Laporannya mendorong pemerintahan Obama untuk memperbaiki kebijakan tersebut.

Quijano, warga asli Chicago keturunan Filipina, akan menjadi moderator AS-Asia pertama dalam debat kampanye pilpres AS.


Persiapan debat cawapres AS di Longwood University. (Foto: AFP/Getty)

Format debat?

Perdebatan dibagi dalam sembilan segmen, masing-masing berdurasi 10 menit. Quijano akan mulai setiap segmen dengan pertanyaan pembuka. Pence dan Kaine masing-masing memiliki dua menit untuk merespons. Quijano juga akan menggunakan sisa waktu di setiap segmen untuk menggali lebih dalam topik diskusi.

Bagaimana Pence dan Kaine mempersiapkan diri?

Pence telah melatih debat bersama Gubernur Wisconsin Scott Walker yang berposisi sebagai Kaine. Sementara di kubu Demokrat, Kaine berlatih bersama Robert Barnett, pengacara kelas-tinggi Washington, yang berperang menjadi Pence.

Apa yang akan disampaikan kedua cawapres?

Kaine diprediksi akan mengedepankan lebih jauh mengenai performa Clinton dalam debat pertamanya bersama Trump. Kaine juga diperkirakan akan menyerang beberapa titik lemah Trump, termasuk laporan pajak yang baru-baru ini dihadirkan The New York Times. Sementara Trump akan berusaha mengartikulasikan visi dan kebijakan Trump, dengan tetap menyerang beberapa kelemahan Clinton, seperti skandal surat elektronik. 

Kapan debat cawapres AS terbanyak ditonton?

Menurut data Nielsen, debat cawapres AS pada 2008 antara Senator Joe Biden menghadapi Gubernur Alaska Sarah Palin adalah yang paling banyak ditonton hingga kini, dengan 69,9 juta penonton. Perdebatan itu mematahkan rekor sebelumnya antara Geraldine Ferraro (Partai Republik) melawan Wakil Presiden George H.W. Bush pada 1984 yang ditonton 56,7 juta orang.

Berapa banyak orang menyaksikan debat Trump dan Clinton?

Debat perdana capres AS antara Clinton dan Trump memecahkan rekor sebelumnya dengan menarik perhatian 84 juta pemirsa. Sebelum itu pada 1980, perdebatan antara Jimmy Carter dan Ronald Reagan ditonton 80,6 juta orang.

Dikutip dari Guardian, debat pertama Clinton-Trump banyak dideskripsikan bak pertandingan tinju. "Pukulan pendek dan cepat Clinton membuat Trump bertahan," kata Washington Post. Sedangkan Huffington Post mencatat bahwa Trump loyo "terguncang-guncang kena pukulan demi pukulan".

Los Angeles Times menyatakan bahwa "Clinton menghantam Trump habis-habisan." Sejumlah pengamat menilai duel Pence-Kaine akan berjalan lebih tenang dari debat Clinton-Trump. 




(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA