Trump: Kini Waktunya Perubahan Iran

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 02 Jan 2018 01:12 WIB
irandonald trump
Trump: Kini Waktunya Perubahan Iran
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (FOTO: AFP)

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan 2018 sebagai waktu untuk perubahan Iran. Ia menyebut warga Iran 'lapar' akan kebebasan.

"Iran gagal di setiap tingkat, meskipun ada kesempatan mengerikan dengan mereka dalam pemerintahan Obama," ujar Trump lewat akun Twitter, seperti dilansir dari laman AFP, Senin 1 Desember 2017.

Trump menyindir pakta nuklir yang disegel di bawah pendahulunya, Barack Obama.

"Orang-orang Iran yang hebat telah ditekan selama bertahun-tahun. Mereka lapar akan makanan dan kebebasan, seiring dengan hak asasi manusia, kekayaan Iran juga dijarah. Kini waktunya untuk perubahan!" sambungnya.

Trump mulai vokal membahas mengenai Iran di Twitter sejak demonstrasi yang merebak ke seluruh wilayah di negara itu pekan lalu.

"Dunia sedang menonton," ungkapnya, sembari kembali mengunggah pidatonya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) September lalu.

"Rezim yang menindas tidak dapat bertahan selamanya. Akan tiba hari ketika warga Iran menghadapi pilihan," lanjut Trump, mengutip dari pidato tersebut.

Cuitan Trump itu dibalas oleh Presiden Iran Hassan Rouhani. Dia mengatakan pemimpin AS, beserta seluruh 'makhluknya' yang melawan Iran, tidak memiliki hak untuk bersimpati dengan pedemo.

Aksi protes akhir pekan di Iran awalnya hanya menentang dugaan korupsi di pemerintahan dan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. Namun kecaman meningkat tajam menjadi penentangan secara menyeluruh terhadap rezim. Demo yang sudah dilakukan empat hari ini berakhir ricuh dan menewaskan 12 orang.


(AGA)