Trump Terima Balasan Surat dari Kim Jong-un

Sonya Michaella    •    Sabtu, 02 Jun 2018 16:10 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Trump Terima Balasan Surat dari Kim Jong-un
Utusan khusus Korut Kim Yong-chol (kiri) dan Presiden AS Donald Trump. (Foto: White House/Twitter/Dan Scavino)

Washington: Surat balasan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un untuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, akhirnya tiba. Surat ini dibawa oleh utusan khusus Korut, Kim Yong-chol.

Kim Yong-chol adalah mantan kepala intelijen militer dan pejabat tinggi Korut yang pertama kali mengunjungi Gedung Putih selama 18 tahun terakhir.

Sebelum bertemu Trump, ia lebih dulu bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. 

Yang menarik, surat itu berukuran sangat besar. Foto-foto yang dirilis Gedung Putih, Trump tampak tersenyum sambil memegang amplop besar, berpose bersama Kim Yong-chol.

"Itu adalah surat yang sangat menarik. Saya tidak sabar untuk membacanya secara keseluruhan, mungkin Anda mau ikut membaca?" ucap Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih, dikutip dari AFP, Sabtu 2 Juni 2018.

"Saya lihat sekilas, surat ini berisi hal-hal positif," ungkap Trump lagi. 

Usai membicarakan surat tersebut, Trump memastikan bahwa dirinya akan bertemu dengan Kim Jong-un sesuai rencana awal, yaitu pada 12 Juni di Singapura. 

Sebelumnya, Trump sempat membatalkan rencana pertemuan itu dengan mengirimkan surat kepada Kim Jong-un, dengan alasan Korut menaikkan tensi dengan AS dengan pernyataan-pernyataan tak berdasar. 


(WIL)