Kondisi Berbahaya Diperkirakan Akan Meliputi Pesisir Timur AS

Fajar Nugraha    •    Jumat, 07 Oct 2016 19:53 WIB
badai matthew
Kondisi Berbahaya Diperkirakan Akan Meliputi Pesisir Timur AS
Citra satelit memperlihatkan Badai Matthew di atas wilayah AS (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, South Carolina: Pemerintah Negara Bagian South Carolina kembali meminta warga untuk melakukan evakuasi, menyusul Badai Matthew yang terus mendekat.
 
Derreck Becker dari kantor persiapan bahaya darurat AS menyatakan, warga harus segera dievakuasi saat ini.
 
"Kondisi berbahaya diperkirakan akan datang di sekitar pesisir timur," ujar Becker, seperti dikutip Associated Press, Jumat (7/10/2016).
 
Pemerintah AS khawatir bahwa peningkatkan volume air yang disebabkan oleh badai ini. Diperkirakan air akan meningkat hingga 3,3 meter di selatan Georgetown.


Warga bersiap menghadapi Badai Matthew (Foto: AFP)

 
Hingga saat ini mata badai dari Matthew berada di bibir barat pesisir Florida di Cape Canaveral. Hembusan angin pun dilaporkan mencapai 160 kilometer per jam di Capa Canaveral.
 
Dilaporkan sekitar 420.000 warga tidak mendapatkan aliran listrik. Sementara 1,5 juta warga sudah dievakuasi akibat Badai Matthew yang merupakan terbesar dalam 11 tahun terakhir menerpa Florida.
 
KJRI Houston terus pantau pergerakan WNI
 
Warga negara Indonesia (WNI) juga terus dipantau pergerakannya oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston. Pihak KJRI saat ini mengatakan belum ada laporan WNI yang menjadi korban.
 
Konjen RI di Houston, Henk Edward Saroinsong menegaskan bahwa KJRI Houston di Texas terus memantau WNI yang berada di Florida dan Georgia.
 
"Kami terus mengontak WNI di Florida dan Georgia karena diperkirakan Badai Matthew akan menuju ke dua wilayah tersebut," ujar Edward, kepada Metrotvnews.com, Jumat (7/10/2016).
 
"Untuk saat ini, belum ada laporan WNI jadi korban bencana alam ini. Saya berharap tidak ada," tuturnya.
 
Ia juga mengimbau agar para WNI di dua wilayah tersebut tetap memperhatikan instruksi dan senantiasa siaga dalam merespons arahan dari pihak berwenang. Untuk keluarga di Indonesia yang ingin memperoleh kabar terbaru terkait kondisi keluarga atau sanak saudaranya, agar menghubungi Hotline KJRI Houston di +1 346-932-7284.  
 



(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA