Trump Tegaskan Bisnisnya Tidak akan Ganggu Kepresidenan

Willy Haryono    •    Rabu, 23 Nov 2016 10:55 WIB
donald trump
Trump Tegaskan Bisnisnya Tidak akan Ganggu Kepresidenan
Presiden terpilih Donald Trump usai wawancara dengan New York Times di New York, AS, 22 November 2016. (Foto: AFP/TIMOTHY A. CLARY)

Metrotvnews.com, New York: Donald Trump menegaskan kekaisaran bisnisnya tidak akan mengganggu kinerja sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Namun dia tidak menyebutkan secara tegas bagaimana dapat meyakinkan masyarakat akan hal tersebut. 

Kekhawatiran muncul setelah Trump memenangkan pemilihan umum pada 8 November. Sejumlah pihak meragukan Trump mampu berkonsenstrasi menjadi presiden, karena banyak bisnis miliknya yang juga harus terus diperhatikan.

"Secara teori saya bisa menjalankan bisnis saya secara sempurna dan juga mengurusi negara secara sempurna. Belum pernah ada kondisi seperti ini," lapor The New York Times, mengutip Trump dalam sebuah wawancara. 

"Saya ingin melakukan sesuatu yang memisahkan dua area tanggung jawab tersebut," sambung dia, tanpa menyebutkan detailnya. 

Sejauh ini Trump mengatakan dia akan memercayakan anaknya untuk menjalankan bisnis keluarga. 

Dalam aturan etik pemerintahan AS, seorang presiden tidak harus melepaskan urusan bisnis pribadinya. Ini artinya Trump masih tetap dapat menjalankan bisnis, seperti mengambil kebijakan dalam perusahaan, dengan tetap bekerja sebagai presiden. 

Namun Trump mengklaim ia akan mulai menyerahkan urusan bisnis kepada anak-anaknya. 

Trump menambahkan sebuah hotel baru miliknya di Washington mungkin nilainya sudah jauh lebih tinggi karena dia sekarang adalah presiden terpilih. Ia mengklaim merek "Trump" kini sudah jauh lebih "panas."

 


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA