Trump Berencana Temui Sekjen PBB

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 17 Nov 2016 02:50 WIB
donald trump
Trump Berencana Temui Sekjen PBB
Capres AS dari Partai Republik Donald Trump. (FOTO: AFP/ MANDEL NGAN)

Metrotvnews.com, New York: Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump sepakat untuk mengadakan pertemuan pertama dengan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

"Mereka sepakat untuk bertemu," kata Juru Bicara PBB Stephane Dujarric, sebagaimana dikutip dari AFP, Kamis (17/11/2016).

Ban mengatakan bahwa ia berharap untuk bertemu Trump sebelum berakhirnya masa jabatan dirinya sebagai Sekjen PBB pada tanggal 31 Desember.

Trump memenangkan presiden AS dengan berbagai rencana kebijakan untuk menyerukan hubungan yang lebih erat dengan Rusia, menarik diri dari kesepakatan iklim Paris, mengguncang aliansi keamanan dan mempertanyakan dana PBB dari AS.

Kemenangan pemilu telah mengejutkan para diplomat PBB dan terutama menaruh tanda tanya atas nasib kesepakatan iklim Paris yang diperjuangkan oleh Ban selama 10 tahun di pucuk pimpinan dari PBB.

Ban menkhawatirkan perubahan tatanan dunia baru di bawah Trump. Di bawah pimpinan miliarder AS itu, terdapat kampanye akan adanya perubahan kesepatan dari AS dalam menghadapi krisis global seperti perubahan iklim.

"Sekarang, pasca pemilu, ketika ia menciptakan tim transisinya dengan para ahli dan orang-orang dengan visi dan keahlian, saya yakin bahwa Amerika Serikat akan terus memainkan peran utama," kata Ban.

Ban berada di Marrakesh pekan ini untuk menghadiri pembicaraan iklim dan menyampaikan pesan bahwa kesepakatan Paris berjuang keras ditandatangani oleh semua 193 negara anggota PBB dan tidak harus dihilangkan.

Dirinya mengaku telah berbicara melalui telepon dengan Trump pada hari Jumat dan kedua orang sepakat untuk tetap berhubungan.

AS adalah penyumbang keuangan terbesar untuk PBB, berkontribusi 23 persen dari anggaran dan 28 persen untuk anggaran penjaga perdamaian dari sekira USD8 miliar.

Sebagai salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang memiliki hak veto, AS adalah pemain kunci dalam keputusan pada semua krisis global seperti perang di Suriah, Yaman dan konflik Israel-Palestina.


(LDS)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA