Kepala Staf Pentagon Mengundurkan Diri

Willy Haryono    •    Minggu, 06 Jan 2019 20:08 WIB
amerika serikatisisdonald trump
Kepala Staf Pentagon Mengundurkan Diri
Kemenhan AS atau Pentagon. (Foto: AFP)

Washington: Kepala Staf di Kementerian Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon Kevin Sweeney mengundurkan diri, satu bulan usai Menhan James Mattis juga memilih mundur dari jabatannya. 

Mundurnya dua petinggi Pentagon ini terjadi usai Presiden AS Donald Trump mengumumkan rencana penarikan pasukan dari Suriah. Meski sudah diumumkan, jadwal penarikan penuh pasukan belum ditentukan.

"Sudah saatnya kembali ke sektor swasta," ujar Laksamana Muda Sweeney, seperti dikutip dari media BBC, Minggu 6 Januari 2019. Sweeney menjabat Kepala Staf Pentagon selama dua tahun dari Januari 2017.

Dalam surat pengunduran diri, Sweeney mengaku "merasa terhormat" dapat bekerja bersama jajaran kolega di Pentagon. Sweeney tidak menyebutkan nama Trump.

Sweeney merupakan pejabat ketiga Pentagon yang mengundurkan diri usai pengumuman Trump setelah Mattis dan juru bicara Dana White. Di luar Pentagon, utusan khusus AS untuk koalisi melawan kelompok militan Islamic State (ISIS) Brett McGurk juga mengundurkan diri karena tidak sepaham dengan Trump.

Kepergian sweeney menambah kekhawatiran sejumlah pihak mengenai kebijakan luar negeri dan pertahanan Washington. Selasa mendatang, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dijadwalkan menggelar tur sepekan di Timur Tengah untuk meyakinkan sejumlah negara sekutu mengenai rencana penarikan pasukan AS dari Suriah.

Saat mengundurkan diri, Mattis mengaku memiliki pandangan berbeda dengan Trump. Dalam suratnya, ia meminta pemerintah AS untuk "bersikap hormat terhadap negara-negara sekutu."

"Karena Anda (Trump) berhak didampingi Menhan yang sejalan dengan Anda, maka saya yakin keputusan mundur ini adalah tepat," tulis Mattis.


(WIL)