Respons Misil Korut, Trump Mulai Kirim THAAD ke Korsel

Willy Haryono    •    Selasa, 07 Mar 2017 13:20 WIB
perang koreakorea utarapemerintahan as
Respons Misil Korut, Trump Mulai Kirim THAAD ke Korsel
Sistem pertahanan anti-misil Thaad diuji coba di AS. (Foto: AFP/DOD)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mulai mengirimkan elemen-elemen awal dari sistem anti-misil Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) ke Korea Selatan sebagai respons dari peluncuran terbaru roket balistik Korea Utara, Selasa 7 Maret 2017. 

Pengumuman dari Komando Pasifik AS dirilis setelah kantor berita Korut mengklaim bahwa Kim Jong-un memantau langsung peluncuran empat misil tersebut, yang tiga di antaranya mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif Jepang. 

"Provokasi lanjutan dari Korut, termasuk peluncuran sejumlah misil pada Senin kemarin, memperkuat keputusan aliansi kami tahun lalu untuk mengirim THAAD ke Korsel," ucap Komandan Pasifik AS Laksamana Harry Harris, seperti dilansir Reuters. 

Sebelumnya Presiden AS Donald Trump telah berbicara dengan presiden interim Korea Selatan Hwang Kyo-ahn untuk membicarakan respons peluncuran misil Korut.

Trump juga berbicara via telepon dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Selasa 7 Maret 2017. Ia menekankan kembali aliansi Washington dengan Tokyo dan sama-sama menyebut peluncuran misil Korut sebagai ancaman keamanan regional.

PM Abe menegaskan peluncuran terbaru "jelas menunjukkan bahwa level ancaman Korut saat ini naik ke level baru."

Tiga dari empat misil balistik terbang sejauh 965 kilometer melewati langit Korut dan mendarat di Laut, di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang di Semenanjung Oga, prefektur Akita. Sementara misil keempat jatuh di luar ZEE Jepang. 

Juru bicara untuk Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mengutuk keras aksi Korut, yang disebutnya "melanggar resolusi DK PBB dan mengganggu perdamaian dan stabilitas kawasan."

Kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa Kim Jong-un memantau langsung peluncuran empat misil, yang disebutnya meluncur indah seperti tim akrobat. 


(WIL)

Pelaku Serangan London Tak di Bawah Kendali ISIS

Pelaku Serangan London Tak di Bawah Kendali ISIS

9 hours Ago

Tidak ada bukti bahwa pelaku serangan, Khalid Masood tergabung dalam kelompok radikal mana pun…

BERITA LAINNYA