Badai Otto Hantam Amerika Tengah, Tiga Orang Tewas

Sonya Michaella    •    Rabu, 23 Nov 2016 09:14 WIB
topan badai
Badai Otto Hantam Amerika Tengah, Tiga Orang Tewas
Badai Tropis Otto hantam Panama dan mulai bergerak ke Kosta Rika serta Nikaragua (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Panama City: Wilayah Amerika Tengah kembali diterjang badai. Kali ini, badai tropis Otto yang berasal dari Karibia bergerak ke Panama dan berhasil menewaskan tiga orang.

Evakuasi pun diberlakukan di pesisir Kosta Rika dan Nikaragua. Pusat Topan Nasional yang berbasis di Amerika Serikat mengatakan bahwa badai Otto menjadi badai ketujuh yang menyerang benua Amerika dengan kecepatan angin 120 kilometer per jam.

"Badai Otto kemungkinan besar akan mengancam jiwa, menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor. Kami memperingatkan agar warga tak melakukan olahraga surfing terlebih dahulu," sebut pernyataan dari Pusat Topan Nasional, seperti dikutip AFP, Rabu (23/11/2016).

Di Panama, dua orang tewas akibat tanah longsor dan satu tewas akibat tertimpa pohon tumbang. Sembilan orang berhasil diselamatkan di bawah timbunan tanah.

Sementara, Kosta Rika telah melakukan evakuasi besar-besaran. Lebih dari 4.000 orang dievakuasi ke bagian utara yang jarang dihubi untuk menghindari korban jiwa.



"Kami tidak akan membiarkan warga berada di daerah yang berisiko dan menyebabkan hilangnya nyawa," tegas Presiden Kosta Rika, Luis Gillermo Solis dalam konferensi pers.

Nikaragua, negara miskin di Amerika Tengah, telah mengeluarkan peringatan nasional dan juga memerintahkan adanya evakuasi di bagian pesisir.

Saat ini, Badai Otto diperkirakan akan bergerak melewati Managua, ibu kota pedalaman Nikaragua sebelum keluar ke Samudera Pasifik.

Badai tersebut memang datang di musim badai Atlantik, yang biasanya berlangsung dari Juni hingga akhir November dan menghantam Amerika bagian selatan. 

Serangan badai sebelumnya adalah badai Matthew yang mengancurkan Haiti pada awal Oktober kemarin di mana menewaskan lebih dari 500 orang.

 


(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA