Ini Balasan Obama ke Trump

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 15 Sep 2016 02:00 WIB
barack obama
Ini Balasan Obama ke Trump
Presiden AS Barack Obama. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Amerika Serikat: Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyebut calon presiden Donald Trump mirip dengan sosok Presiden Rusia Vladimir Putin dan Saddam Hussein. Pernyataan itu merupakan balasan sindiran Obama ke Trump.

Dikutip dari Media Televisi Rusia Today, dalam kampanye Hillary Clinton di Philadelphia, Obama mengatakan, Trump hanya 'menjilat' Putin.

"Ketika pemandu acara menanyainya (Trump), Mengapa kamu mendukung pria ini (Putin)? Ia (Trump) menjawab, 'Ia pria yang kuat. Lihatlah, dia mendapatkan 82 persen dukungan di jajak pendapat'," tutur Obama meniru Trump, seperti yang dikutip dalam Rusia Today, Kamis (15/9/2016).

Obama tak menyangka para pendukung Partai Republik setuju dengan Trump kepada Putin. Menurutnya, Putin hanya menginvasi negara lain yang lebih kecil, kemudian memenjarakan kritikus dan mengendalikan pers.

"Dia (Trump) menyukai orang ini (Putin). Sekarang calon mereka memuja seorang pria. Dia mengatakan seorang pemimpin yang kuat karena ia bisa menyerang negara kecil, memenjarakan lawan, mengontrol pers, dan mendorong ekonomi resesi," tuturnya.

Kemudian, dia juga menyamakan dengan Saddam Hussein yang mendapat dukungan 90 persen di jajak pendapat. Padahal media dikebiri, kebebasan sipil dikekang, dan para pembangkan dipenjara.

"Tentu saja, Saddam Hussein juga punya dukungan 90 persen di jajak pendapat. Itu lah yang terjadi jika media dikebiri, kebebasan sipil dikekang dan para pembakang dipenjara," pungkas Obama.

 


(Des)