Banjir Bandang Landa Arizona, Sembilan Orang Tewas

Sonya Michaella    •    Senin, 17 Jul 2017 10:24 WIB
banjir as
Banjir Bandang Landa Arizona, Sembilan Orang Tewas
Banjir bandang di Arizona, AS. (Foto: ABC Arizona)

Metrotvnews.com, Phoenix: Setidaknya sembilan orang dinyatakan tewas dan seorang anak laki-laki berusia 13 tahun hilang akibat banjir bandang yang melanda Arizona, Amerika Serikat (AS).

Setelah hujan deras mengguyur wilayah ini, Sungai Verde yang ada di dekat wilayah Payson pun meluap. Padahal, wilayah Arizona biasanya dilanda kekeringan.

Rombongan ini dilaporkan sedang menikmati liburan di sebuah sungai kecil di Hutan Nasional Tonto. Seketika banjir lumpur menghantam ketika mereka sedang bermain di sungai.

Dilansir Telegraph, Senin 17 Juli 2017, petugas penyelamat menemukan mayat lima anak-anak dan empat orang dewasa. Namun, pihak berwenang setempat enggan membeberkan identitas mereka.

Sementara itu, empat orang lainnya berhasil diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit terdekat karena menderita hipotermia.

Sejumlah saksi mengatakan, banjir datang seperti air bah yang tingginya hampir enam kaki.

Operasi pencarian dan penyelamatan masih terus berlangsung hingga saat ini. Helikopter dari Departemen Keselamatan Publik Arizona ikut dikerahkan, begitu juga para personel Dinas Pemadam Kebakaran Whispering Pines serta Dinas Kehutanan AS.

Badan Prakiraan Cuaca Nasional (NWS) di Phoenix, Arizona menyatakan bahwa sebagian besar wilayah Arizona masih berada di bawah peringatan banjir bandang hingga sehari ke depan.

"Hujan deras bisa memicu banjir bandang di dataran rendah, biasanya area yang kering," sebut pernyataan resmi NWS. 


(WIL)