Bentrok Nasionalis Kulit Putih, KBRI Washington Imbau WNI Waspada

Sonya Michaella    •    Senin, 14 Aug 2017 08:31 WIB
pemerintahan as
Bentrok Nasionalis Kulit Putih, KBRI Washington Imbau WNI Waspada
Warga AS yang kembali demo dengan prihatin atas kejadian di Virginia. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Demonstrasi nasionalis kulit putih di Virginia, Amerika Serikat (AS), berujung ricuh dan menewaskan tiga orang. 

KBRI Washington pun mengimbau bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) di AS, terutama yang bermukim di Virginia, untuk tetap waspada dan hati-hati.

"Situasi berangsur tenang, tapi para WNI harus tetap berhati-hati dan waspada. KBRI sudah mengeluarkan imbauan bagi WNI khususnya yang ada di Virginia," kata Duta Besar RI untuk AS, Budi Bowoleksono ketika dihubungi Metrotvnews.com, Senin 14 Agustus 2017.

Menurut data KBRI, sebanyak 3.207 WNI berada di Virginia. Sekitar 80 orang di antaranya tinggal di kota Charlottesville.

Kelompok nasionalis kulit putih tersebut turun ke jalanan, tepatnya di Charlottesville, Sabtu kemarin, untuk memprotes keputusan pemerintah kota yang berencana memindahkan patung Jenderal Konfederasi Robert E. Lee dari Emancipation Park.

Pasalnya, patung tersebut dianggap sebagai simbol dari supremasi kulit putih. Polisi juga dilaporkan menangkap sejumlah pemrotes dalam unjuk rasa yang dihadiri sekitar enam ribu orang.

Gubernur Virginia Terry McAuliffe telah mendeklarasikan status darurat setelah sebuah mobil mobil menabrak kerumunan orang.

Sejumlah saksi mata menyebut sopir sedan adalah penentang gerakan sayap kanan. Pria berusia 20 tahun telah ditangkap polisi dalam serangan tersebut.

 


(WIL)