Korban Tewas Kebakaran California Jadi 31 Orang

Willy Haryono    •    Jumat, 13 Oct 2017 11:40 WIB
kebakaran hutan
Korban Tewas Kebakaran California Jadi 31 Orang
Sekitar 18 ribu petugas berusaha memadamkan kebakaran hutan di seantero California, AS, 12 Oktober 2017. (Foto: AFP/JUSTIN SULLIVAN)

Metrotvnews.com, California: Korban tewas dalam kebakaran hutan di California melonjak menjadi 31 orang, Kamis 12 Oktober 2017, seiring ditemukannya sejumlah jasad oleh tim pencari gabungan yang didampingi anjing pelacak.

Kebakarna hutan, yang dimulai pada akhir pekan kemarin, menyapu seantero California dan membuat ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Api telah melalap sekitar 76 ribu hektare lahan. 

Angin kencang menghambat upaya pemadaman kebakaran hutan yang melibatkan 18 ribu petugas. Mereka semua berjuang memadamkan sekitar 20 titik api di California. 

Otoritas setempat memprediksi kondisi cuaca tidak akan banyak berubah. "Ini artinya api akan terus merembet secara liar," ujar Kepala Pemadam Kebakaran California Ken Pimlott dalam sebuah konferensi pers, seperti dilansir AFP

"Api berpotensi berubah arah secara cepat di waktu kapan pun. Musibah ini masih akan berlangsung cukup lama," lanjut dia. 

Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California mengumumkan bahwa kebakaran hutan telah menewaskan 31 orang. Sheriff Rob Giordano dari Sonoma County mengaku telah menerima sekitar 1.100 laporan orang hilang. 

"Dari total laporan itu, 745 telah ditemukan dalam keadaan selamat. Masih ada 400 orang yang belum ditemukan," tutur Giordano.

Ribuan orang telah kehilangan tempat tinggal dan 25 ribu lainnya dievakuasi dari rumah mereka di Sonoma County. 

Lebih dari 3.500 rumah dan bangunan hancur dalam kebakaran di California, termasuk beberapa industri pengolahan anggur di Sonoma dan Napa.

Presiden AS Donald Trump telah mendeklarasikan status bencana besar di California, yang membuka akses digelontorkannya dana bantuan dan sumber daya federal untuk membantu mengatasi kebakaran.

 


(WIL)