Sekjen PBB Ucapkan Selamat ke Presiden George Weah

Willy Haryono    •    Sabtu, 30 Dec 2017 13:45 WIB
liberia
Sekjen PBB Ucapkan Selamat ke Presiden George Weah
Sekjen PBB Antonio Guterres di Den Haag, Belanda, 21 Desember 2017. (Foto: AFP/ROBIN UTRECHT)

New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengucapkan selamat kepada George Weah atas kemenangannya dalam pemilihan umum presiden Liberia. Ia juga memuji pilpres Liberia yang berlangsung damai. 

"Guterres memuji semua warga Liberia atas suksesnya proses pemilihan, yang berlangsung dalam situasi damai dan kondusif," ucap pernyataan juru bicara Sekjen PBB, seperti dilansir AFP, Jumat 29 Desember 2017. 

Komisi Pemilihan Umum Liberia menyatakan Weah sebagai pemenang pilpres pada Jumat. Kemenangan Weah menandai transfer kekuasaan secara damai di Liberia usai terjadinya dua perang sipil. 

Weah akan dilantik dan diambil sumpahnya pada 22 Januari tahun depan. Ia menggantikan Ellen Johnson Sirleaf yang mulai berkuasa pada 2006. 

Joseph Boakai mengakui kekalahannya dalam pilpres dan mengaku telah mengucapkan selamat kepada Weah.

Sejak pensiun dari dunia sepakbola pada 2003, Weah banting stir dan fokus di dunia politik. Dua tahun kemudian, mantan pemain Chelsea ini mencalonkan diri sebagai kandidat pilpres Liberia.

Sayang, usaha perdananya gagal setelah kalah bersaing dengan Sirleaf. Ketika itum pengalaman di dunia politik masih dinilai minim.

Dalam kesempatan kedua, Weah yang tergabung di partai Koalisi Demokratis untuk Perubahan, akhirnya terpilih sebagai Presiden ke-25 Liberia. 




(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

1 day Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA